Sejarah Soju

Tentang Soju

Soju adalah minuman distilasi asal Korea. Sebagian besar merek soju diproduksi di Korea Selatan. Walaupun bahan baku soju tradisional adalah beras, sebagian besar produsen soju memakai bahan tambahan atau bahan pengganti beras seperti kentang, gandum, jelai, ubi jalar, atau tapioka.

Sejarah Soju

Menurut sejarahnya, soju pertama kali dibuat sekitar tahun 1300 pada saat bangsa Mongol berperang melawan orang Korea. Uniknya, pada masa-masa perang ternyata banyak tradisi bangsa Mongol yang dikenalkan ke orang Korea. Salah satunya adalah tradisi memproduksi dan meminum arak. Bangsa Mongol sendiri mempelajari teknik distilasi arak dari bangsa Persia. Namun sewaktu bangsa Mongol datang ke wilayah Asia Tengah, mereka juga membawa kebiasaa yang mereka punya termasuk Korea.

Setelah cara membuat arak diajarkan kepada orang Korea, kota Kaesong menjadi pusat penyulingan arak yang pertama di Korea. Di wilayah Kaesong sendiri, biasanya soju disebut dengan arak-ju. Selain di Kaesong, soju juga dibuat di kota tempat tentara Mongol menetap. Salah satu yang terkenal hingga sekarang adalah wilayah Andong. Kota Andong dikenal sebagai pusat produksi soju tradisional hingga sekarang.

jual-bermacam-soju